Selayang Pandang SMP Negeri 39 Bekasi

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.


Selayang Pandang Tentang SMP NEGERI 39 KOTA BEKASI


Berdiri pada tahun 2009 sebagai sekolah filial dari SMP Negeri 24 Kota Bekasi, dan memulai membuka pendaftaran peserta didik baru untuk yang pertama kalinya menjadi awalan lahirnya bakal calon SMP Negeri 39 Kota Bekasi. Di awal berdirinya, SMP Negeri 39 Kota Bekasi melaksanakan proses Kegiatan Belajar dan Mengajarnya (KBM) di sekolah induknya yakni SMP Negeri 24 Kota Bekasi dibawah pimpinan Pelaksana Harian (PLH) Kepala Sekolah Bpk. Drs. Samsu dengan nama Unit Sekolah baru (USB) SMP Negeri 40 Kota Bekasi. Karena pada saat itu, fillial SMP Negeri 39 Bekasi sudah lebih dahulu ada di Bekasi Utara.

Namun pada penghujung tahun 2010, beberapa ruang kelas pada gedung kami yang berlokasi di Perumahan Asabri Indah Kelurahan Jatiluhur Kecamatan jatiasih telah selesai dibangun dan siap untuk dipergunakan. Akhirnya karena kami dinilai lebih siap untuk berdiri sendiri, melalui Surat Keputusan (SK) oleh Pelaksana Harian (PLH) Walikota Bekasi saat itu yaitu Bpk. H. Rahmat Effendi tentang Pemberian Status Negeri pada sekolah-sekolah baru, kami diberikan status Negeri dengan nama SMP Negeri 39 Kota Bekasi secara resmi dan telah definitif serta terlepas segala pengelolaan dan pengadministrasiannya dari SMP Negeri 24 Kota Bekasi. Meski begitu, pimpinan SMP Negeri 39 kota Bekasi saat itu masih tetap berstatus Pelaksana Harian (PLH) Kepala Sekolah dan belum definitif.




Tepat pada tanggal 17 februari 2011, siswa/i SMP Negeri 39 Kota Bekasi untuk pertama kalinya menempati dan menggunakan gedung sendiri miliknya dan hingga saat ini tanggal 17 februari diperingati sebagai hari ulang tahunnya SMP Negeri 39 Kota Bekasi yang seringkali dirayakan baik oleh sekolah maupun peserta didiknya. Karena bagi seluruh komponen warga SMP Negeri 39 Kota Bekasi saat itu, menempati gedung sendiri dan mulai mengelola urusannya sendiri adalah awal nyata dari berdirinya SMP Negeri 39 Kota Bekasi yang sebenarnya.

Setelah beberapa bulan menjalankan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di gedung sendiri sambil terus membangun ruangan-ruangan lainnya, pada tanggal 12 desember 2011 SMP Negeri 39 Kota Bekasi kedatangan Kepala Sekolah secara definitif untuk pertama kalinya. Beliau adalah Ibu Hj. Yeti Eka Sumiati, S.Pd.M.M. yang merupakan isteri dari Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah (BAPPEDA) saat itu yaitu Bpk. H. Drs. Latief Nurbana, M.Sc. Dari awal kepemimpinannya hingga saat ini, begitu banyak program dan pembangunan-pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Ibu Hj. Yeti Eka Sumiati, S.Pd.M.M untuk kemajuan SMP Negeri 39 kota Bekasi.

Tidak terasa SMP Negeri 39 Bekasi pada tahun 2015 akan berulang tahun yang ke-5, namun sudah 4 angkatan yang telah lulus 100% sejak berdiri pada tahun 2009 silam. Berbagai prestasi dari beragam bidang baik akademik maupun non akademik, mulai dari tingkat kota hingga internasional telah diukir oleh para peserta didik SMP Negeri 39 Kota Bekasi. Namun semua itu tidak membuat kita berhenti membangun dan berpuas diri. Upaya peningkatan mutu akademik terus menerus kami lakukan untuk dapat memberikan pelayanan yang semakin baik dan memuaskan bagi semua pihak.

Sebagai bagian dari proses perbaikan berkelanjutan, SMP Negeri 39 Kota Bekasi memiliki komitmen yang kuat dengan menerapkan sistem penjaminan mutu internal, peningkatan kualitas guru, peningkatan pelayanan serta peningkatan prestasi akademik dan non akademik. Peningkatan fasilitas dan sarana prasarana juga menjadi perhatian utama bagi kami untuk terus memenuhi seluruh kebutuhan-kebutuhan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan agar dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya pada masing-masing bidangnya. Aamiin...

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apasih NISN itu? Apa bedanya sama NIS? Yuk cari tahu jawabannya #ZonaTanya

Peran TIK Dalam Pembangunan Karakter Bangsa #ZonaTIK

Yuk Belajar Lebih Dalam Tentang Mamalia #ZonaBiologi